Friday, October 5, 2012

Menikmati Pertunjukan JKT48 for Beginner ^^

untuk penggemar jkt48 baru, mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menikmati pertunjukan jkt48.
apakah ada peraturan tertentu, adat tertentu, dan sebagainya.

saat jkt48 melakukan pertunjukannya, fans akan melakukan beberapa hal. seperti, meneriakkan sesuatu, atau yang lebih sering disebut chant, mengayunkan lightstick, bahkan ada yang melakukan tarian aneh, atau disebut wotagei.
hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada sang idola atau memberi semangat kepada sang idola.
tetapi hal ini tidak wajib dilakukan!



chant memiliki irama dan pola tertentu. jika anda tidak mengerti, tidak usah melakukan chant. saya sendiri tidak hafal dengan chant 48an, jarang ikut chant juga :p.
untuk ayunan lightstick, bebas mengayunkan. meski dibeberapa bagian lagu, ada gerakan berpola tertentu. yang penting jangan sampai lightstick anda mengenai penonton lain atau mengganggu penonton lain.
sedangkan wotagei lebih rumit lagi. dilakukan dalam kelompok biasanya. gerakan seluruh badan berpola tertentu. semacam tarian. ini tidak bisa dilakukan jika pertunjukan dilakukan di tempat sempit, atau menonton pertunjukan dengan duduk. untuk melakukan wotagei diperlukan latihan.

untuk menikmati pertunjukan sang idola, tidak perlu melakukan itu semua. duduk dengan tenang, bertepuk tangan secukupnya, sudah lebih dari cukup. yang terpenting adalah tidak mengganggu penonton lain.
tidak perlu takut melihat fans lain mengenakan atribut aneh. tidak perlu juga merasa minder.
saya sendiri tidak suka memakai atribut aneh. datang mengenakan kaos, jeans dan sepatu saja.

yang terpenting adalah anda dapat menikmati pertunjukan dengan nyaman, tidak mengganggu penonton lain, dan tidak mengganggu sang idola. itu saja.

2 comments:

  1. hha, menikmati pertunjukan juga ada petunjuknya ternyata ._.

    ReplyDelete
  2. untuk orang awam bro... beberapa temen saya yg awam soalnya terheran2 sama JKT48 dan fansnya.

    ReplyDelete