Thursday, October 4, 2012

Panduan Proses Menonton Teater JKT48 for Beginner :P


versi 2015.09
last edit 30/09/2015

akhirnya sempat update tulisan ini hahahaa panduan ini tidak  kaku. artinya selama proses, mungkin saja ada hal-hal yang berbeda terjadi.
saya cuma berbagi pengalaman.


1. lihat jadwal
untuk menonton teater jkt48, yang harus dilakukan pertama adalah melihat jadwal pertunjukan yang dikeluarkan ofisial jkt48.
lebih baik jika sering memantau page atau time line ofisial jkt48, karena terkadang ada perubahan jadwal.

2. apply tiket online
mulai show untuk tanggal 22 februari 2013, diberlakukan sistem pemesanan tiket baru, yaitu online. di mana pemesan tidak lagi mengirim email untuk memesan.
pemesan harus terdaftar di website jkt48. register lah terlebih dahulu jika belum terdaftar. tidak usah khawatir dipungut biaya. karena pendaftaran gratis, kecuali hendak menjadi Official Fans Club (OFC). 1 akun (membership) hanya berlaku untuk 1 orang.
kemudian login agar dapat melakukan proses pemesanan online. lihat jadwal dan pilih show mana yang hendak ditonton (hari, tanggal, show siang/malam). sesuaikan dengan status pemesan: far, OFC, female, dan general.
  • Far:  untuk pemesan dari luar Jabodetabek. anggota OFC mau pun non-OFC. syaratnya ID card dari luar Jabodetabek
  • OFC: anggota fansclub.
  • Family Group: berbeda dengan slot lain yang hanya berlaku untuk 1 orang, slot ini bisa digunakan untuk maksimal 3 orang. Jika ternyata yang bisa datang kurang dari 3 orang, akan tetap dikenakan biaya untuk 3 orang. slot ini sangat cocok untuk yang rombongan yang tidak ingin duduknya terpisah karena undian. 
  • VIP: sesuai judulnya, slot ini lebih istimewa dibanding yang lain. Slot ini mirip dengan slot family, 1 orang apply untuk kuota 4 orang.  Kursi/tempat untuk VIP ini nantinya ada di paling belakang, sebaris dengan standing. Tempat duduknya seperti ada panggung dan duduk secara lesehan di kursi bantal. Harganya pun istimewa karena lebih mahal. Harga ini per group. Untuk lebih jelasnya silakan berkunjung ke situs ofisial. 1 group dijatah maksimal 4 orang, bisa saja kalau dipakai sendiri.
  • Female: khusus perempuan, ada kuota tersendiri. anggota OFC mau pun non-OFC, Far mau pun Jabodetabek.
  • General: umum. mencakup Far, OFC, Female, dan selain ketiga kategori tersebut.
Dengan demikian, bisa saja satu pemesan memiliki lebih dari satu pilihan kategori dan boleh apply untuk semua kategori yang dibolehkan.
perhatikan juga jadwal apply tiket.
untuk jadwal bisa dilihat di website oficial JKT48: Jadwal Teater
telitilah sebelum memesan karena sistem ini masih belum diberi sistem konfirmasi pemesanan dan pembatalan. jika pemesan membatalkan pesanan, pemesan tidak dapat memesan lagi untuk show yang telah dibatalkan tadi.
1 calon penonton dapat apply untuk beberapa show yang berbeda. tetapi hanya untuk calon penonton tersebut, tidak dapat mewakili orang lain.

untuk fans yang berada di luar Indonesia, sekarang ada tiket SUPERFAR. dengan tiket superfar ini, calon penonton dapat memesan tiket lebih awal, lebih tepatnya sebulan sebulan rencana ke Indonesia. istimewanya lagi, tiket superfar ini bisa untuk memesan secara kelompok. dan untuk menghindari double booking, dianjurkan ada 1 orang yang menjadi perwakilan. dan tentu saja, tidak ada jaminan pasti akan memenangkan tiket hahaha.. pemenang tiket superfar akan diumumkan 1 minggu sebelum pertunjukkan. untuk lebih jelasnya silakan kunjungi official website untuk tiket superfar. saya belum pernah mencoba sistem baru ini, jadi tidak bisa menjelaskan pengalaman atau memberikan saran ^^


3. melihat status pesanan
lamaran tiket selanjutnya akan diproses (diundi). status menang/tidak menang akan ditampilkan di halaman mebership. seharusnya sudah diproses 1 hari setelah closing date.


4. cek email konfirmasi
jika memenangkan tiket, email konfirmasi akan dikirim ke email calon penonton ke alamat email pada saat pendaftaran. email konfirmasi ini digunakan sebagai bukti ketika membeli tiket.
print lah email balasan ini untuk diserahkan pada waktu membeli tiket. jika memiliki smartphone, bisa menunjukkan email dengan ponsel cerdas saja.
jika di halaman web disebutkan bahwa tidak memenangkan tiket, tidak perlu menunggu email, karena tidak ada email konfirmasi yang akan dikirim.

jangan membagi email verfikasi dan id anda kepada orang lain. kasus terbaru adalah pengambilan tiket oleh orang yang bukan haknya. modusnya adalah dengan menunjukkan email dan id card milik calon penonton lain. sehingga calon penonton yang sebenarnya tidak bisa mengambil tiketnya karena sudah diambil si calon penonton siluman.

5. mengambil tiket
setelah mendapat email balasan dari ofisial bahwa calon penonton telah memenangkan tiket teater, calon penonton dapat mengambil tiket.
pengambilan tiket dilakukan di loket tiket teater jkt 48 pada waktu yang telah dicantumkan di email.
akan lebih baik jika datang lebih awal.
syarat pengambilan tiket pada umumnya:
- hasil cetak/print email balasan (lebih disarankan bawa hasil cetak email)
- ID card : KTP, kartu mahasiswa, kartu pelajar
- OFC/Kartu sementara: adalah kartu anggota yang terdapat barcode. semua yg telah terdaftar akan memiliki nomor anggota dan barcode-nya. terdapat di halaman "My Page". print lah kartu ini. karena akan discan barcode-nya.
- biaya teater
- untuk calon penonton di bawah umur, sebaiknya menunjukkan ID (fotokopi) orang tua

jika calon penonton memenangkan tiket tetapi tidak mengambil tiket, akan diberi sanksi. artinya kelak ketika apply untuk teater lagi, tidak diprioritaskan. namun bukan berarti tidak akan bisa mendapat email lagi.
setelah membeli tiket, calon penonton dapat beristirahat atau melakukan kegiatan lain sambil menunggu proses selanjutnya. bertanyalah pada staf atau sekuriti tentang jam untuk masuk dan show dimulai.

untuk harga tiket sendiri, sekarang ada kebijakan baru:
  • teater Tim J:
- umum: Rp. 100.000
- pelajar/perempuan: Rp. 50.000 *selama kuota tiket masih tersedia
- balita: gratis (harus ada pendamping/wali dan harus dipangku)
  • teater Team KIII:
- umum: Rp. 100.000
- pelajar/perempuan: Rp. 50.000 *selama kuota tiket masih tersedia
- balita: gratis (harus ada pendamping/wali dan harus dipangku)
  • teater Team T:
- umum: Rp. 100.000
- pelajar/perempuan: Rp. 50.000 *selama kuota tiket masih tersedia
- balita: gratis (harus ada pendamping/wali dan harus dipangku)
  • teater Trainee: 
- umum: Rp. 80.000
- pelajar/perempuan: Rp. 50.000 *selama kuota tiket masih tersedia
- balita: gratis (harus ada pendamping/wali dan harus dipangku)

tiket tersedia 2 warna yang menentukan kelompok tempat duduk. biru untuk sayap kanan dan hijau untuk sayap kiri.

jika calon penonton memenangkan tiket kategori Far, jangan lupa untuk minta cap Far di tiket pada staff. karena calon penonton Far ini masuk lebih dahulu tanpa proses bingo, dan tempat duduk sudah disediakan. kira-kira sekitar row ke-4. jika cap Far tidak ada di tiket, calon penonton akan dianggap sama seperti calon penonton non-far, dan harus melalui proses bingo.

setelah membeli tiket, sekuriti akan men-cap tangan/leher calon penonton. cap ini juga digunakan sebagai tanda masuk selain tiket. cap yang digunakan sekarang ini canggih. menggunakan tinta yang tidak dapat dilihat dengan mata biasa, harus dengan sorot lampu tertentu. ingatlah baik-baik di sebelah mana dicap. agar sewaktu scanning tidak terhambat. kalau calon penonton tidak yakin, bisa minta staf atau sekuriti untuk men-scan dahulu dan memastikan sudah tercap.



6. bingo!
bingo adalah istilah untuk antrean masuk ke dalam teater. kenapa disebut bingo, karena ini menggunakan sistem undian yang disaksikan semua calon penonton yang sudah mengantre.
antrean akan dikelompokkan berdasar warna tiket dan nomor bingo. nomor bingo akan diundi, jadi tidak penting calon penonton mendapat nomor bingo berapa.
jika bingo lebih dahulu, artinya dapat masuk teater lebih dahulu. karena calon penonton bebas memilih tempat duduk, asal sesuai warna tiket, masuk teater lebih dahulu akan mendapat keuntungan bisa duduk lebih depan. tapi boleh juga masuk lebih dahulu, dan duduk di belakang :))
jika penjualan tiket sangat banyak, hampir bisa dipastikan bingo belakangan sama dengan berdiri :D


7. masuk teater
saat masuk teater, akan dilakukan pengecekan tas dan body. ini peraturan baru menanggapi kasus penyerangan salah satu member akb saat event hs di jepang.
makanan dan minuman akan disita. jadi pastikan makanan sudah habis sebelum masuk teater.
juga tidak boleh memberikan gift secara langsung ke member. sebaiknya gift dititipkan ke staff. sampai atau tidak, itu urusan lain :D
setelah masuk, calon penonton dapat duduk bebas asal warna kursi sesuai warna tiket.
saat duduk, dilarang memesan tempat duduk untuk orang lain. dilarang juga mengubah tatanan kursi.
duduk lah yang sopan.


8. waiting list (WL)
jika calon penonton tidak mendapat email verifikasi memenangkan tiket, atau bahkan memang tidak mengirim email, calon penonton masih bisa berkesempatan mendapatkan tiket dengan cara membeli di teater, alias on the spot ticket. akan tetapi jumlahnya terbatas. ada pun aturan untuk WL sebagai berikut:
a. datang ke teater. 
jangan lupa membawa ID dan uang :D
b. mengambil nomor antrean WL.
aturan WL yang baru menggunakan nomor antrean. jadi tidak ada lagi yang berdiri mengantre seperti sebelumnya.
datanglah lebih awal, kira-kira 1-2 jam sebelum loket antrean dibuka, untuk show spesial seperti ulang tahun/event. saya kurang tau pastinya jam berapa.
kemudian minta lah pada sekuriti nomor antrean WL. setelah mendapat nomor antrean WL, pengantre bisa meninggalkan teater. bisa makan dulu, shopping dulu, dsb.
c. membeli tiket
kembalilah ke teater ketika waktunya bingo dimulai. akan tetapi jangan berdiri bercampur dengan penonton yang sedang bingo, karena akan memenuhi tempat. lebih baik melihat saja dari agak kejauhan. ketika bingo sudah hampir berakhir, baru mendekat ke teater.
bertanyalah pada sekuriti kapan waktu bingo jika tidak tau kapan bingo dimulai atau kapan waktu untuk menukarkan tiketnya. jadi tidak terlewatkan saat sesi WL.
karena terbatasnya tiket untuk WL, sangat mungkin tidak semua WL bisa mendapat tiket.
penonton perempuan atau luar kota biasanya mendapat prioritas WL. untuk penonton perempuan, biasanya tidak perlu mengambil nomor WL, langsung datang pas bingo. setelah bingo berakhir, sebelum pemanggilan nomor WL, WL perempuan didahulukan.
akan tetapi jika jumlah tiket sedikit dan WL banyak, bisa saja ada yang tidak masuk.
setelah calon penonton jalur email masuk teater, calon penonton jalur WL dapat mulai membeli tiket. pembelian sesuai urutan nomor WL. harga tiket jalur WL sama dengan harga tiket umum.
d. masuk teater
setelah membeli tiket, calon penonton dapat langsung masuk teater. jangan heran jika kehabisan tempat duduk. karena WL masuk paling terakhir, tentu hampir tidak mungkin mendapat tempat duduk barisan depan :)) jika mendapat tempat duduk, biasanya sudah barisan paling belakang. jika tidak mendapat tempat duduk, disediakan area berdiri di barisan paling belakang dan samping kiri kanan. terkadang ada yang lebih memilih berdiri dari pada duduk di barisan paling belakang.

jalur WL memang membutuhkan usaha lebih dalam mendapatkan tiket. sudah antre lama pun belum tentu kebagian tiket. setelah masuk pun belum tentu dapat tempat duduk. tentunya hanya orang-orang penuh dedikasi, semangat, kesabaran tinggi yang mau mengambil jalur WL (lebay). pernah ofisial meniadakan jalur WL. sering-sering lah memantau twitter ofisial^^

kalau benar-benar baru dan tidak ada kenalan, sebaiknya jangan mengambil jalur WL. apply tiket lewat email saja.

9. menikmati pertunjukan
selama pertunjukan, mungkin (bisa dipastikan) penonton lain akan melakukan teriakan (disebut chant atau mix) dan mengayunkan lightstick.
hal ini tidak diwajibkan. jika penonton tidak ingin melakukannya, tidak harus melakukannya.
yang penting adalah menikmati pertunjukan dan tidak mengganggu penonton lain.

10. high touch
setelah pertunjukan usai, akan ada sesi high touch atau tos (handshake untuk show tim K3 sudah ditiadakan).
penonton antre keluar teater sambil tos dengan semua member yang hadir saat itu (kecuali ada yang sakit).
sebelum hi-touch, penonton akan diperiksa lagi seperti waktu akan masuk teater. hal ini untuk menghindari kemungkinan buruk seperti yang pernah menimpa salah satu member akb48. penonton juga dilarang memberikan gift kepada member.
karena idol adalah cewek-cewek, jangan tos terlalu keras. biasanya sesi ini dimanfaatkan untuk mengucapkan sesuatu kepada sang idola secara lebih dekat. tapi yaaa cuma kalimat singkat. kan cuma kira2 1 detik. itu pun kalau tidak bengong dan bisa ngomong :D

selamat menikmati pertunjukan jkt48 ^^

sekali lagi saya hanya berbagi pengalaman saja. saya bukan staf yang punya aturan.
kalau ada pertanyaan silakan komen di bawah tulisan ini ^^. kalau nggak malas, baca juga komen2 sebelumnya ^^
jangan tanya cara yang aneh2 ^^! saya berbagi cara yang lurus2 aja ^^. saya bukan manusia langit yg bisa punya cara2 aneh ^^
dan ini blog pribadi, bukan fanbase atau apa. jadi nggak ada admin. jangan cari admin di sini ya ^^

baca juga : bagaimana menikmati pertunjukan jkt48

141 comments:

  1. Maksudnya ID card itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ID card = kartu identitas.
      bisa KTP/SIM/kartu pelajar/kartu mahasiswa

      Delete
  2. maaf kalo yg diblacklist tuh email kita atau id kita???

    ReplyDelete
  3. kalo tiket jarak jauh itu penukaranya pada saat hari H kan ?? atau sebelumnya ? oh ya kalo saat high Touch kita ngasih hadiah ke member gak apa2? atau ada sesi tersendiri ?? makasih mohon bantuanya :)

    ReplyDelete
  4. semua tiket ditukar pada hari H.

    waktu hi-touch sebenarnya gak boleh ngasih gift. tapi ada aja yang nyelip2 ngasih bunga/gift kecil :))
    kalau mau ngasih gift, bisa dititipkan ke staff. di loket waktu penukaran tiket. atau sekuriti/staff yang ada di dekat loket.
    tidak menjamin akan sampai ke tujuan sih :D tapi di loket banyak yang nitipin ke situ. sering liat juga staf angkut2 gift dari loket, dibawa masuk.

    jangan lupa tulis kepada siapa gift mau diberikan ^^

    semoga membantu.

    ReplyDelete
  5. ID card = kartu identitas.
    bisa KTP/SIM/kartu pelajar/kartu mahasiswa

    ReplyDelete
  6. Gan mau nanya nih kan saya kirim email theater dengan beberapa email yang berbeda tapi namanya sama,kemungkinan untuk mendapat tiket semakin besar gak ya? tolong infonya ya ;D

    ReplyDelete
  7. saya belum pernah mencoba cara ini ^^
    tapi memang ada yang pernah atau sering malah, pakai cara ini.
    menurut saya, seharusnya kemungkinannya lebih besar.
    tapi kurang tau juga kalau pihak ofisial menemukan 2 email atas nama 1 orang akan bertindak seperti apa.

    semoga beruntung ya ^^ belakangan makin susah dapat tiket.
    kalau weekend sepertinya jatah untuk penonton asing (jepang) lebih banyak ^^!

    ReplyDelete
  8. btw saya dapet nih gan tiket buat show besok tanggal 5 januari 2013 hehe, terimakasih banyak infonya :)

    ReplyDelete
  9. wih sama dong saya juga itu pertama kali nonton setlist baru :D
    sayang lagi banyak yang sakit membernya.

    ReplyDelete
  10. Oh iya gan biasanya email verifikasi itu setelah ngirim langsung dapet ato nunggu beberapa hari dulu??

    ReplyDelete
  11. dikirim sehari setelah jadwal pengiriman ditutup.
    jadi misal apply general, closing tanggal 1. email verifikasi dikirim tanggal 2.

    kalau dulu sering ngaret, bahkan sampai H-1 pertunjukan.
    tapi kemarin saya apply buat tanggal 19 dan 20 januari, closing tanggal 12 dan 13. tanggal 14 saya sudah dapat email verifikasi.
    kata official, sekarang sudah ada tim tersendiri untuk ticketing. jadi kerjanya lebih cepat.

    ReplyDelete
  12. Wah makasih pencerhannya gan.

    ReplyDelete
  13. mohon izin menyebarkan informasi ini dalam tulisan saya di forum.. credit tetap saya berikan pada penulis dan tidak saya akui sebagai tulisan saya.. terima kasih seblumnya..

    ReplyDelete
  14. oh silakan.
    tapi sekali lagi... panduan ini hanya sebatas pengalaman saja :D karena kadang ada aturan yang berubah sewaktu2 ^^

    ReplyDelete
  15. bang , kalo menang undian nih ya , udah tuker tiket tuh diteaternya , bisa dijual ga ke orang yang ga dapet tiket yang lagi nungguin waiting list gitu .

    ReplyDelete
  16. gak bisa. karena kita yang nuker tiket akan dicap tangannya. kalau tiketnya diberikan ke orang lain, orang tersebut tidak dicap tangannya. sedangkan syarat masuk teater adalah menunjukkan tiket dan cap.

    ReplyDelete
  17. Gan, kalau udah menang tiket lewat email, itu bukti emailnya harus di print ya? (ps : ane gak pake smartphone)
    gak bisa cuma nunjukin ID aja ya di loketnya?

    ReplyDelete
  18. kalau gak ada smartphone, diprint gan emailnya.
    gak bisa gan, ntar diomelin sama staffnya ^^

    ReplyDelete
  19. gan, tau gak cari jadi ofc tuh sekarang gimana sih? ^^

    ReplyDelete
  20. semua tata caranya ada di website ofisial JKT48 :)

    ReplyDelete
  21. eh tapi kalau staffnya lagi baik, bisa cuma nunjukin ID ^^

    ReplyDelete
  22. gan, ane msh bingung sama bingonya :/
    bisa dijelasin lg gak?? >.<

    ReplyDelete
  23. bingung gimana nih... heheheeee
    jadi gini...
    habis beli tiket kita antre buat masuk ke teater. antrian dibagi berdasar warna tiket. biasanya tiket warna hijau terlebih dahulu.

    pertama tiket far baik warna hijau atau biru akan dipanggil dulu. biasanya barisannya paling kiri alias mepet loket.
    trus pemegang tiket ijo mulai maju untuk antre. kalau bawa tiket biru, mending mundur dulu deh, biar gak penuh tempatnya dan agak rapi.
    berbaris sesuai nomor urut bingo. trus biasanya nunggu mulai bingonya agak lama heheheheee... berdiri ampe pegel dulu hahahaaa...
    pas antre ini jangan berisik kalau bisa, jadi kalau ada pengumuman2 bisa kedengaran. kalau nomor dipanggil juga kedengeran.

    pertama pemegang tiket far masuk duluan tanpa proses bingo. mrk duduk di kursi row 3-4.
    nah...kalau bingo udah dimulai, nomor undiannya dipanggil tuh satu2.
    misal kocokannya nomor 4, ya pemegang tiket bernomor bingo 4 boleh masuk. trus nomor 9, berarti nomor 9 boleh masuk. dan seterusnya.
    jadi mau nomer bingo berapa pun, kalau lagi gak hoki ya masuk belakangan hehehee...
    untuk tiket biru juga sama. bedanya gak nungguin pemegang tiket far masuk, soalnya udah masuk semua. seharusnya.

    ReplyDelete
  24. Ano maaf mau tanya, kalo mau beli tiket on the spot harus kirim e-mail dulu juga ya?

    ReplyDelete
  25. makasih gan :D
    ane mau tanya nih, kalo nomor anggota yang di email konfirmasi itu buat yang OFC ya gan ? soalnya yang ane nomor anggotanya "----" alias kosong =D

    ReplyDelete
  26. yup, itu nomor anggota OFC. kalau bukan OFC nggak ada nomornya.

    ReplyDelete
  27. mau nanya.. saya pernah dapat tiket untuk nonton.. btw, saya cewe. tapi kenapa ya pas saya nukar tiket tetap dapat harga yang 100ribu? waktu di depan loket saya ga kepikiran mau nanya. masih grogi karna baru pertama kali nonton dan syok ngliat penontonnya yg bejubel mayoritas cowo..

    ReplyDelete
  28. pas nuker tiketnya itu pas loket baru buka atau mendekati mau tutup?
    pelajar/cew bisa dikasih tiket reguler kalau tiket pelajar/cewek-nya habis. biasanya kalau pas jumlah penonton pelajar/cewek banyak banget, yang nuker tiket belakang2 bisa dapat tiket reguler. bisa milih sih, mau beli apa enggak ^^

    karena masih baru, sebaiknya emang banyak nanya2 sih kalau ada yang membingungkan ^^

    ReplyDelete
  29. bang mau nanya kalo WL gitu ga ada prioritas yang dari jauh ya ? :|

    ReplyDelete
  30. klo WLnya sampe tumpe2 ada prioritas luar kota biasanya :D tapi ya klo yang luar kota banyak, ya dibatesin juga. kan kasian sama yg dalam kota yg udah WL juga :D

    ReplyDelete
  31. Mau nanya nih kalo ke teater ga Punya kartu pelajar gmana boleh masuk apa kaga ?

    ReplyDelete
  32. ya boleh dong. tapi pake KTP/SIM/kartu mahasiswa :))
    kalau lewat WL kadang nggak ditanyain ID card nya :D

    ReplyDelete
  33. kalo ngga punya kartu pelajar sama KTP gimana broohh ?

    ReplyDelete
  34. nggak tau. WL aja kadang nggak ditanyain ID cardnya. tapi ya kadang masuk kadang nggak.

    ReplyDelete
  35. bro mau tanya nih, kalau ntar pas tempat tuker tiket itu, ngapain ya ? tanda tangan? atau hanya menunjukkan emailnya aja ? sorry baru pertama kali nih

    ReplyDelete
  36. cuma nunjukin email sama ID saja kok :D waaah shonichi nih.. hari pertama :D

    ReplyDelete
  37. gan kalo masalah baju bebas?

    ReplyDelete
  38. ya ampun... bebas lah bro...
    ada yang pake cosplay, jas, asesoris2 cukup mencolok, dll untuk menarik perhatian member.
    ada yang pake baju biasa aja, kaos+jeans. sepatu atau sendal. kebetulan mallnya nggak terlalu ribet soal kostum :D
    yang penting sih nyaman dipakai, sopan, dan tidak mengganggu penonton lain aja :D

    ReplyDelete
  39. nunjukkin ID tuh maksudnya gimana sih?

    ReplyDelete
  40. ya nunjukin ID card.
    keluarkan kartu pelajar/KTP/SIM/OFC card dari dompet/kantong/tas. trus kasih ke staf loketnya. nanti diliat staf. dicocokin di list. trus dikembalikan.

    ReplyDelete
  41. bro 1 orang emang cuman boleh psen satu tiket ya?
    ga boleh dua ato tiga gitu?

    ReplyDelete
  42. boleh buat rombongan. tapi pake super far alias dari luar negeri :D

    ReplyDelete
  43. kalo psen yg general cuman boleh dua tiket kah?

    ReplyDelete
  44. nggak boleh gan. 1 tiket untuk 1 orang...

    ReplyDelete
  45. bang mau nanya, kalo misalnya kesana bareng temen.. ada kemungkinan ane sama temen2 ane dapet verified tiket semua ga? maaf ane shonichi hahaha

    ReplyDelete
  46. senasib nihh sama gw
    gw pengen nonton bareng tmen tp takutnya tmen gue ga dapet tiket ato mungkin gw nya yg ga dapet

    ReplyDelete
  47. gini...
    kalau keduanya apply tiket via web official, lalu keduanya menang tiket dan dapat email verifikasi, berarti keduanya dapat tiket.

    tapi kalau hanya salah satu yang dapat email verifikasi, berarti yang bisa dipastikan dapat tiket cuma satu orang yang dapat email itu.

    kalau keduanya nggak menang tiket dan nggak dapat email verifikasi, lalu mau ambil jalur WL, kemungkinan bisa salah satu nggak dapat. apalagi kalau antrean WL banyak.

    ReplyDelete
  48. Bang mau nanya, besok saya kalah undian tiket, jadi mau WL (RKJ). kirakira amannya udah nyampe fx jam berapa ya? thx. saya dari Bandung (masuknya FAR kan ya).

    ReplyDelete
  49. tiket FAR hanya berlaku untuk yang dapat email verifikasi tapi berasal dari luar jabodetabek. kalau mau WL nggak ada far2an. masuk tetep bareng WL lain.
    kadang kalau WL banyak banget, luar kota disuruh antre depan. tapi tetep masuk WL.

    saya blm pernah nonton RKJ yang bukan weekend. kurang tau seberapa ramenya. tapi paling nggak, jam 5 - setgh 6 udah sampe di sana.

    ReplyDelete
  50. sebesar apa dulu nih :D
    kalau sebesar cintaku pada nabilah ya nggak muat ntar hehehee :D
    ruang antar kursinya bisa dibilang cukup sempit. kalau koper bisa dipangku sih nggak ada masalah saya kira.
    kalau besar sekali, mending ditinggal ^^

    ReplyDelete
  51. tapi banyak tuh bang yang kesana rombongan bisa masuk semua... terus sarannya gimana nih? kayak waktu kesana enaknya kapan?

    ReplyDelete
  52. maap nanya lagi. tapi kalo saya milih buat berdiri di paling belakang #kepedeanlolos, si koper ga masalah kan ya.. demi beby gamasalah berdiri :))

    ReplyDelete
  53. mungkin rombongan dapat email semua.
    mungkin rombongan WL semua dan kebetulan kapasitas WL masih cukup.

    ya kalau mau aman WL mending datang plg nggak 1,5 jam sebelum loket buka untuk penjualan tiket show yang sesuai.
    misal show jam 12 siang, loket buka biasanya jam set 10. show jam 2 siang, loket buka jam set 11. disesuaikan aja :D

    kalau pun dapat email verifikasi, sebaiknya datang juga nggak mepet penutupan loket. kalau kebetulan shownya rame, bisa2 tiketnya habis sebelum loket tutup.
    kalau punya email verif tapi datang setelah loket tutup, akan dianggap WL. tapi diprioritaskan.

    kira2 begitu sepengalaman saya ^^

    ReplyDelete
  54. mungkin gpp
    pernah sih ada penonton yang bawa perlengkapan bayi yang ribet. kebetulan penontonnya emang bawa balita2.

    nanti bilang aja sama pak sekuriti baiknya bagaimana dgn koper yang segedhe cintamu pada beby itu hehehehe :D

    ReplyDelete
  55. ngga cinta sih, biasa aja :)) makasih banyak.

    ReplyDelete
  56. maaf nanya lagi nih.. kalo nomor tempat duduk bisa bersebelahan sama temen ga? apa memang acak disana?

    ReplyDelete
  57. tempat duduk nggak ada nomornya. bebas mau duduk di mana asal sesuai warna tiket.
    kalau mau biar bisa sebelahan sama temen, masuknya harus bareng. krn nggak boleh mesenin tempat buat temen. jadi sederhananya nomor bingonya sama dengan temen, otomatis masuknnya bareng.

    ReplyDelete
  58. Bro mau nanya nih.. Kan kalo pesen tiket online hoki2an Gue kesana nya rombongan Jadi takutnya ga dapet, gue ngirim email (email berbeda) nya 2 kali buat cadangan ..Nah kalo 22 nya dapet, yang email satu nya dibiarin gpp?

    ReplyDelete
  59. Hello baang dari bandung yah.. sama dong

    ReplyDelete
  60. kok masih ngirim email? bukannya apply-nya pake login ke webnya ya?
    atau punya 2 login?

    ReplyDelete
  61. Kak, mau nanya. Kan sekarang sistem pesen tiket theaternya bukan yang ngirim2 email gitu ya?._. Kan lgsg pesen aja di website nya, nah waktu penukaran tiket, nunjukin verifikasi yg di website aja gitu? atau nunjukin ID aja atau gimana?bales ya kak^^ baru pertama kali nonton soalnya ^^

    ReplyDelete
  62. kalau menang undian, di membership page di webnya ada tulisan satus "menang undian" dan akan dapat email verifikasi. email itu yang ditunjukkan waktu beli tiket.

    ReplyDelete
  63. bang kalo ID card nya kartu perpus boleh ga bang

    ReplyDelete
  64. kartu perpus itu termasuk kartu identitas bukan?
    ada identitas diri tercantum lengkap nggak di situ?

    ReplyDelete
  65. gan,
    ada perbedaan fisik ga, antara tiket yg general dgn yg tiket tipe far? terima kasih banyak sebelumnya..

    ReplyDelete
  66. bedanya tiket untuk far ada cap tulisan FAR

    ReplyDelete
  67. pertanyaannya bikin ngakak jg nih hahaha XD

    ReplyDelete
  68. hyung
    klo beli tiketnya onthespot kemungkinannya kecil yah? :/ kalah mulu nih undian
    trus...
    keuntungannya join OFC JKT48 apa aja sih? :3

    ReplyDelete
  69. kalau untuk sekarang2 sepertinya WL alias onthespot udah susah. kecuali mau antre dari pagi ^^
    jadi OFC juga nggak menjamin bakal punya kemungkinan menang lebih besar :D ada yang general tapi menang terus, ada yang OFC tapi kalah terus juga :D mistis :D

    enaknya jadi OFC....hmm...apa ya...hehee..
    kalau yg saya rasakan sih...
    - punya 2 kesempatan apply tiket :D pertama apply bagian ofc, kalau kalah bisa apply yang general :P tapi kalau lagi nggak beruntung ya kalah semua :))

    - ada event OFC. tapi udah hampir setahun jadi OFC saya belum pernah ikut sekali pun :D jadi nggak bisa berbagi pengalaman :D
    - ada beberapa event yang prioritas OFC, misal event new year kemarin :D

    ReplyDelete
  70. Kaka, saya masih bingung dh mau ntn theater.
    saya coba apply lewat webnya bingung ka -,- ada 3 jenis tiketkan? nah, itu gmn ka???

    ReplyDelete
  71. ya itu...seperti yang sudah saya jelaskan di atas...
    itu penjadwalan ada 3 macam untuk 3 jenis tiket. far, ofc, general.
    - far: untuk penonton luar jabodetabek
    - ofc: untuk penonton yang anggota official fans club
    - general: untuk penonton umum. far dan ofc juga bisa masuk jenis ini.


    nah.. kamu termasuk yang mana? kalau tinggal di jabodetabek dan bukan ofc, berarti general.
    nanti tiap jenis itu, ada jadwalnya sendiri2. far dan ofc jadwal applynya biasanya 1-2 hari lebih dulu drpd general.


    disesuaikan saja sama kamunya mau tiket jenis apa.

    ReplyDelete
  72. oooh gitu...
    kata temen aku yah, katanya klo mau WL gabisa yg 1 show, harus yg 2 show seharinya. masa iyah gitu? :(

    kalo join OFC mau ikut event2nya bayar lg apa ga? aku teh tertarik sama event2nya :D hehe

    "ada beberapa event yg prioritas OFC" maksudnya apa hyung? :o

    ReplyDelete
  73. yg WL, mungkin maksudnya kalau yg 1 show aja ada kemungkinan nggak dapet yg show pagi. nah kalau mau lanjut untuk wl show malam, ada kemungkinan dapat. soalnya kan antreannya jadi maju :D

    event ofc bayar lagi :D

    event prioritas OFC maksudnya ada event yang bisa untuk umum, tapi jatahnya sedikit. lebih banyak jatah untuk ofc.

    ReplyDelete
  74. oooh iya yah mungkin gitu haha
    iya kemarin aku ke theaternya iseng kesana haha walau ga nonton. ngobrol sama beberapa org. ya udh puas lah sama beberapa pertanyaan yg sudah terjawab :D hehe
    tp 1 lg nih hyung, kalo mau daftar OFC emg beda yah sama yg Online dengan yg langsung di Theater? kemarin nanya katanya ada yg beda? :/

    ReplyDelete
  75. yg jelas beda itu cara pembayarannya. kalau datang langsung ke teater kan bisa bayar tunai, kalau dari web harus transfer :D

    ReplyDelete
  76. bro, mau nanya

    saya kan tinggal di bali apa itu berarti saya bisa pesan tiket FAR dan general? alias 2 kesempatan gitu

    oo iya satu lagi, kalau misalkan saya menang undian tiket nya, pemberitahuan pemenangnya itu lewat inbox email saya atau ID saya di site jkt48.com?

    ReplyDelete
  77. bang kalo pesen tiket FAR hrs sign up dulu jd membership di page nya? atau gak perlu? dan saya dari surabaya apa bisa pesen tiket far dan general biar dpt kesempatan lebih buat menanginnya?

    ReplyDelete
  78. yup. semua yang mau pesen tiket harus jadi membership :D
    kalau nggak lolos far, seharusnya masih ada kesempatan general.

    ReplyDelete
  79. iya. kalau coba far dan gagal, ada kesempatan coba general.



    pemberitahuan menang kalah undian ada di profile page web jkt. kalau menang akan dikirim email verif untuk bukti waktu beli tiket, kalau kalah cuma ada tertulis statusnya kalah undian.

    ReplyDelete
  80. min, mau nanya nih, tiap ane daftar buat beli tiket, pas setelah diisi semua, pada bagian no. ID selalu ada tulisan berwarna merah yang bertuliskan "ID telah terdaftar", padahal ane merasa belum pernah daftar pake ID itu(ane daftar pake no. ID kartu pelajar), hal itu juga terjadi min pada temen ane, nanya ke JOT lewat e-mail ga dibales min :(

    terus ane libur sekolah ada niatan buat WL nih min(ane dari luar kota), katanya kalo dari luar kota diprioritaskan ya min? nah itu kalo mau digampangin ngomongya ke siapa min? soalnya kalo biasa ane liat di internet, di depan theater48 tuh selalu penuh sama orang. ane mau WL sendirian, ane dari luar kota min, kira2 ane bisa masuk ga ya?

    mohon pencerahannya, makasih min :D

    ReplyDelete
  81. waduh... saya bukan admin. ini blog pribadi nggak ada admin2an :))

    nanya ke JOT pake email kayaknya emang nggak pernah dibaca :))
    pernah ngasih ID ke orang lain nggak? coba no IDnya diubah dikit :D tambahin tahun angkatan mungkin.
    jujur saya nggak tau kalau udah sampe di sistem :D

    prioritas luar kota itu kalau WLnya banyak banget. nanti stafnya nanya (teriak2 sih sebenernya) siapa yg IDnya luar kota. biasanya itu juga dari pagi nanyanya.

    ReplyDelete
  82. hahaha, oke deh gan, :))


    kalo ngantri WL tuh emang udah ada slot khusus WL atau WL tuh tiket sisaan gan? kalo kita ngantri dari pagi tetep ujung2nya dibelakang orang yang menang undian atau engga gan?


    makasih :D

    ReplyDelete
  83. makasih banyak ya :D

    ReplyDelete
  84. kalo HP kita gk punya akses internet gimana bro ?
    atau harus pakai cara di print tu email dari JOT ?
    di bales yah penting nih
    buat nambah pengetahuan xD

    ReplyDelete
  85. mau nanya kalo event individual handshake pas di theater ada nya pas kapan ya?
    tiap hari juga bisa ato pas ada event" tertentu dari jkt 48 nya ?

    ReplyDelete
  86. individual handshake itu biasanya pas ada single baru.
    kalau handshake habis teater, selalu ada sehabis teater. eh tapi kalau tim J cuma hi-touch :D

    ReplyDelete
  87. Mass mau nanya aku tadi mesennya buru2 trus jadi kli yg general padahal aku dari cirebon, harusnya far kan? Jadi aku mesen 2 kali... kira2 yg tiket far nya dianggep ga ya? Aku baru pertama kali yg pastinya, jawab ya mass penting

    ReplyDelete
  88. nanti diundinya beda kalau nggak salah..
    kalau pun dapetnya general ya gpp kan. susah lho dapat tiket sekarang :D

    ReplyDelete
  89. makasih banyak gan info2nya akhirnya kemaren tanggal 28 ane teateran pertama kali wkwk, walau sendirian tapi gara2 info dari agan ane jadi ga pusing di sana :D

    ReplyDelete
  90. mau tanya dong kakak, kalo menang undian terus yg di print itu yang mananya ya ? :)

    ReplyDelete
  91. kalau cara pesan tiket handshake online gimana?

    ReplyDelete
  92. nanya dong kak ini buat kartu pelajar daftarnya gimana? saya baru masuk sma..
    masih pakai kartu pelajar SMP gpp???

    ReplyDelete
  93. daftar seperti biasa. nanti yg dipakai kartu pelajar yang dipunya aja. yg penting jujur heheheheee byk yg pemalsuan kartu pelajar soalnya -_-

    ReplyDelete
  94. Kak liat email balasan'a di website jkt48 kan

    ReplyDelete
  95. Fauzan WiradipoetraAugust 7, 2013 at 5:38 AM

    Mau nanya dong mas. Maaf kalo banyak
    1. Kalo saya daftar ID pake kartu nisn gapapa? Soalnya ga dikasih kartu pelajar sama sekolah
    2. Kalo udah dapet email, lalu gimana tahap selanjutnya? Apakah harus transfer?
    3. Kalo pelajar harganya jadi 50 rb kan? Nah gimana itu caranya?
    4. ID card buat penukaran tiket fungsinya apa?
    5. Kalo saya bawa tas, isinya ada makanan bisa dititipin ke security ga? Trus kalo makanan disita, nanti dibalikin ga?
    6. Pas sesi hi - touch boleh ngasih gift ga buat member? Walaupun giftnya sekecil sd card?
    7. Satu lagi mas. Hehehe. Di fx bener ada pool travel?
    Tolong dijawab ya mas. Makasih :))

    ReplyDelete
  96. Di webnya hanya ada status undian. Menang, kalah, atau belum diundi.
    Email verifikasi dikirim ke email yg digunakan untuk mendaftar.

    ReplyDelete
  97. Maaf bro mau nanya.
    Klo bawa adek kelas 2 sd, apa dia harus bayar? kan udh bukan balita lg.
    Mau daftar lewat email kan ga bisa soalnya ga ada id nya adek sayanya.

    ReplyDelete
  98. Pake id orang tua. Nanti waktu beli yg ditunjukkan ftcp id orang tua.

    ReplyDelete
  99. 1. Yg penting idcard sesuai dgn diri yg sebenarnya. Waktu pembelian tiket nanti bilang saja ke staf loket sebagai pengganti kartu pelajar.
    2. Tidak perlu transfer. Cukup menunjukkan email saat akan membeli tiket di teater. Pembayaran dilakukan di loket. Tunai.

    ReplyDelete
  100. 3. Tiket pelajar dan perempuan 50ribu. Tapi karena jumlah pelajar banyak (yg ngaku2 pelajar juga banyak), bisa jadi jatah tiket pelajar habis. Jika habis, akan dikenakan tiket umum, tetapi boleh beli, boleh tidak. Cukup menunjukkan kartu pelajar.
    4. Idcard gunanya untuk memastikan si pembeli adalah org yg memang memenangkan undian. Sebaiknya idcard yg masih jekas fotonya. Klo burem, nanti dicurigai.

    ReplyDelete
  101. 5. Bisa dititipkan ke staf waktu masuk pemeriksaan tas. Setelah show selesai, bisa diambil lagi.
    6. Menurut aturan, tidak boleh memberikan gift saat hitouch. Gift bisa dititipkan ke staf.

    ReplyDelete
  102. 7. Kalah undian tapi mau nonton show yg sama? Pake jalur WL.
    8. Setau saya di fx nggak ada pool travel. Adanya pool taxi blue bird.

    Mudah2an jawaban saya bisa membantu ^^

    ReplyDelete
  103. kalo gak menang undian ciri"nya apaan gan? ane baru pertama kali ini ^^

    ReplyDelete
  104. Status menang atau tidaknya ada di web. Di halaman profilenya.

    ReplyDelete
  105. kalau daftar jadi anggota tapi ga nonton teater JKT48 ga apa-apa?

    ReplyDelete
  106. kalau cara ngedapetin kartu anggotanya dikirim/dateng ke teater

    ReplyDelete
  107. Bisa ambil di teater bisa juga dikirim. Coba lihat di webnya.

    ReplyDelete
  108. kalo ticketnya di batalkan gimana ya tampilan di my pagenya?(web)

    ReplyDelete
  109. Ada keterangan dibatalkan di statusnya. Dan nggak bisa apply ulang setau saya.

    ReplyDelete
  110. Kalo wl harus jadi anggota juga? Harus bawa id juga?

    ReplyDelete
  111. Nggak harus jadi anggota dulu. ID sebaiknya dibawa.

    ReplyDelete
  112. Boleh dijelasin ga' maksudnya tiket far,OFC sama general itu? Makasih.. Maklum dari luar Jawa pengen nonton :D

    ReplyDelete
  113. Far: domisili yang tercantum di ID Card di luar Jabodetabek.
    OFC: anggota official fans club.
    General: yang tidak termasuk di kedua kelompok di atas + yang termasuk di dua kelompok di atas.

    ReplyDelete
  114. mas bro itu kan tiket pake bingo kan y,jd misalkan bareng tmen ky ga bisa dduk barengan gt y ?,hehe.minta infonya gan

    ReplyDelete
  115. nanti bilang sama staf tiketnya, minta nomor bingo yang sama buat temennya juga.
    jadi nanti masuknya bareng.

    ReplyDelete
  116. nonton nya ga bisa rame rame bareng temen temen dong

    ReplyDelete
  117. bisa dong... asal menang verif semua, atau wl bareng dan bisa masuk semua ^^

    ReplyDelete
  118. Gan kalo kita gak punya ktp,,,atau misalnya belum ad kartu pelajar,,, bisa Nonton gak?? MAKSUDNYA gak bawa apa2 Gak bawa kartu pelajar,
    KTP mauupun surrat untuuk yg dibawah , ,bisa gak?

    ReplyDelete
  119. kalau beli tiket dari verif, nggak bisa. karena akan dicek identitas dengan email verifikasinya.
    kalau mau WL kadang tidak perlu menunjukkan id card.

    ReplyDelete
  120. Satu lagi nih mas, jadi boleh ga id card pake kartu perpustakaan sekolahah? Sama kan tadi kata mas lebih baik bawa fotokopian id ortu, fotokopian ktp kah? Terima kasih mas:D

    ReplyDelete
  121. ya kalau kartu perpusnya kira2 udah mewakili sih gpp. ada fotonya kan? soalnya nanti petugas loketnya suka ngeliatin, klo foto burem dikit aja, suka ditanyain.
    iya fotokopi id ortu. tapi kalau dianter sama ortunya, malah tunjukin aslinya sekalian.

    ReplyDelete
  122. Gan kalau mau WL misal yg malem tiket buka jam stgh 5,tp kalau mau ngambil no WL nya pagi bs gak??Mungkin aja jam 9 gtu aku udah ksna minta nomer.Itu udah bisa blum??

    ReplyDelete
  123. wah kepagian bro. kalau buat show malem, paling nggak jam 2-an ngambilnya.

    ReplyDelete
  124. Sorry gan mau nanya.Itu kan pelajar/perempuan :50.000
    berati perempuan tapi bukan pelajar juga tetep 50.000 gitu??

    ReplyDelete
  125. barusan saya cek di jkt48.com gan, saya coba cek tiket type female,tapi tetep 100k gan. Gimana tuh??

    ReplyDelete
  126. nanti waktu bayar di loketnya. di email verifnya ada tanda kalau menang dari slot female, nanti minta aja bayar 50.

    ReplyDelete
  127. Kalau mau dapet no WL harus dari jam berapa supaya kebagian ???

    ReplyDelete
  128. kalo fotbar jarang2 ya gan

    ReplyDelete
  129. nggak mesti sih. tergantung shownya rame atau tidak.
    mungkin 3-2 jam sebelum dibuka loket.

    ReplyDelete
  130. foto bareng atau foto bareng2? :D
    kalau foto bareng2 udah jarang sekarang.

    ReplyDelete